Waspada Gejala Ini Saat Hamil 39 Minggu

Pada usia kehamilan di 39 minggu, adalah usia di mana kandungan sudah memasuki akhir dari kehamilan, atau masa-masa menjelang kelahiran. Selain itu, usia 39 minggu bayi dianggap sudah cukup bulan untuk lahir.

hamil

Pasalnya, pada minggu tersebut paru-paru dan otak masi terus berkembang dan akan terus berkembang saat si kecil telah lahir sekalipun. Faktanya, otak bayi akan mencapai ukuran sepenuhnya atau sempurna sekitar dua tahun lagi dan paru-paru akan matang saat si kecil usia 3 tahun.

Gejala yang muncul saat hamil 39 minggu

Namun, selain pertumbuhan bayi Anda pun perlu memperhatikan beberapa gejala yang muncul saat usia kandungan 39 minggu. Berikut beberapa gejalanya:

1.       Kesulitan tidur

Pada usia hamil 39 minggu, mungkin Anda akan mengalami kesulitan tidur malam hingga menjelang kelahiran. Kondisi ini terjadi karena ukuran perut yang semakin besar dan membuat Anda menemukan posisi yang nyaman, serta rasa gugup dan kecemasan yang membuat Anda tetap terjaga dan sulit tidur.

Cobalah untuk untuk membuat tempat tidur senyaman mungkin. Gunakan juga banyak bantal tambahan untuk menyangga perut agar tetap nyaman dan tidak sakit pinggang.

2.       Keluarnya mucus plug

Mucus plug adalah gumpalan lendir yang menutupi mulut rahim. Keluarnya mucus plug menandakan bahwa mulut rahim sudah mulai menipis dan mengalami pembukaan. Nah, hal ini menandakan bahwa persalinan akan segera terjadi.

Pada usia kehamilan 39 minggu, cairan putih yang keluar berupa keputihan yang bening, merah muda atau sedikit berdarah, hal itulah yang disebut mucus plug. Jadi, jika kondisi ini terjadi pada Anda ada baiknya untuk segera menghubungi layanan kesehatanatau kunjungi dokter Anda.

3.       Ketuban pecah

Seperti yang kita ketahui, pecah ketuban bisa menjadi awal tanda bahwa persalinan akan terjadi, dan hal ini sangat mungkin terjadi pada minggu 39 minggu kehamilan. Cairan ketuban dapat berupa tetesan ataupun keluarnya cairan yang banyak dan itu berarti kantung ketuban di sekitar bayi Anda telah pecah.

Saat hal ini terjadi Anda disarankan untuk mengunjungi dokter atau ke rumah sakit. Akan tetapi, jika cairan ketuban yang keluar memiliki bau busuk atau Anda mengalami demam sebelum ketuban pecah, bisa jadi hal ini menjadi indikasi terjadinya infeksi yang dikenal korioamnionitis. Kondisi tersebut mengharuskan Anda untuk langsung mendatangi layanan kesehatan karena Anda membutuhkan penanganan dengan segera.

4.       Preeklampsia

Gejala lain yang harus Anda waspadai saat hamil usia 39 minggu adalah preeklampsia. Pada beberapa calon ibu dengan gangguan tekanan darah sangat dekat dengan preeklampsia. Dengan kondisi tersebut, ibu hamil biasanya akan mengalami bengkak pada wajah dantangan, sakit kepala, mual dan muntah, penambahan berat badan yang mendadak, sesak napas, dan perubahan pengelihatan.

Selain beberapa gejala di atas, pada kehamilan usia 39 minggu ada pula gejala lain yang muncul seperti

·         Kontraksi Braxton Hicks, adalah kontraksi yang dikenal sebagai kontraksi palsu dan biasanya terjadi pada trimester ketiga kehamilan. Kondisi ini ibu hamil mengalami perut kencang seperti kram. Pada hamill 39 minggu kontraksi palsu sering sekali muncul dan akan sering terjadi.

·         Aktivitas janin, pada kehamilan di minggu ke-39 rahim akan terasa sempit dikarenakan janin yang semakin membesar dan hal tersebut dapat mempengaruhi gerakan janin. Namun, Anda perlu terus memantau pergerakan janin setia harinya.

·         Mulas dan gangguan pencernaan, rasa mulas akan semakin terasa pada minggu-minggu menjelang persalinan. Namun Anda tak perlu khawatir, hal ini menandakan bahwa persalinan akan semakin dekat. Meskipun perut terasa tidak enak, namun perlu untuk tetap mengonsumsi makanan dan minuman supaya tubuh tidak kekurangan energi saat persalinan.

·         Nyeri panggul, kondisi ini pun akan Anda alami saat hamil 39 minggu. Pasalnya, saat nyeri terjadi kepala bayi terus menekan panggul Anda dan menyebabkan rasa tidak nyaman. Gejala ketidaknyamanan tersebut sama dengan rasa nyeri akibat menstruasi atau gangguan pencernaan. ·         Sakit punggung, banyak wanita yang merasakan nyeri punggung yang teramat sangat pada kehamilan 39 minggu. Hal ini sangat umum terjadi pada ibu hamil menjelang persalinan.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>