Turut Berkontribusi pada Lingkungan, Inilah Cara Menghemat Air

cara menghemat air

Kelangsungan hidup manusia tidak akan pernah bisa lepas dari air. Berbagai aktivitas esensial, seperti minum, mandi, mencuci, hingga memasak, membutuhkan air. Namun, stok persediaan air kian hari kian menipis, apalagi dengan adanya pemanasan global. Maka, demi menjaga persediaan air bersih, kita semua perlu memahami cara menghemat air.

Ragam cara menghemat air

Sepintas mungkin kita menganggap air tidak begitu bernilai. Karena kita mendapatkannya dengan mudah dalam keseharian. Pandangan kita terhadap air akan berbeda apabila kita termasuk masyarakat yang mengalami kekeringan di belahan bumi Afrika misalnya. Air menjadi komoditas yang sangat berharga di sana.

Tanpa air, bukan hanya aktivitas harian yang tidak dapat berjalan, kesehatan pun akan terganggu. Bahkan kekurangan air dapat memicu gangguan medis yang serius. Berikut ini beberapa cara menghemat air yang dapatĀ  dilakukan.

– Perhatikan tagihan air

Bagi Anda yang sumber air rumah tangganya berasal dari PDAM, tentu ada tagihan yang perlu diselesaikan setiap bulannya. Jumlah tagihan tersebut akan berbanding lurus dengan jumlah pemakaian air. Artinya, bila tagihan air tergolong besar merupakan tanda pemakaian air juga besar.

Angka tagihan air ini dapat menjadi pengingat bagi Anda untuk mulai menghemat air. Selain menjaga persediaan air, upaya ini sekaligus menghemat biaya.

– Matikan keran saat tidak digunakan

Sebagian orang kerap lupa mematikan keran air setelah mencuci wajah, menggosok gigi, atau mencuci tangan. Kebiasaan ini perlu diubah sebab air jadi terbuang tanpa Anda sadari.

Belajarlah membiasakan untuk menyalakan keran air hanya saat dibutuhkan dan segera matikan ketika tidak dipakai. Ini merupakan salah satu cara menghemat air yang wajib kita semua lakukan.

– Masak air secukupnya

Apakah Anda pernah menyeduh terlalu banyak air panas untuk teh, kopi, atau mie instan, lalu sisa air tersebut Anda buang? Nah, karena cukup banyak orang refleks membuang kelebihan air yang dimasak, maka sebaiknya masak air sesuai kebutuhan saja agar tidak ada yang terbuang.

Selain menghemat air, cara ini juga akan membantu menghemat gas atau listrik.

– Gunakan cairan pencuci piring secukupnya

Penggunaan cairan pencuci piring yang terlalu banyak akan menghasilkan banyak busa  sabun. Akibatnya, butuh air lebih banyak pula untuk membilasnya. Oleh sebab itu, salah satu cara menghemat air yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan cairan pencuci piring secukupnya saja.

– Segera perbaiki kebocoran

Cukup banyak dari kita yang menunda memperbaiki pipa atau keran bocor. Mungkin karena bocornya hanya berupa tetesan kecil, sehingga tidak dianggap signifikan. Padahal bila tetesan-tetesan tersebut dikumpulkan, jumlahnya menjadi banyak juga.

Maka, bila di rumah Anda terdapat pipa atau keran bocor, sebaiknya segera diperbaiki. Apabila belum memungkinkan untuk diperbaiki, tampunglah air yang bocor tersebut agar dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan lain.

– Menghindari mandi berlama-lama

Sadarkah Anda bahwa mandi berlama-lama sambil memainkan air berisiko pemborosan air? Semakin lama Anda mandi, semakin besar kemungkinan air digunakan lebih dari yang dibutuhkan. Maka, sebaiknya kebiasaan mandi berlama-lama itu dihilangkan.

Cara menghemat air yang lain, gantilah bak mandi dengan shower yang beraliran rendah. Hal ini akan menurunkan penggunaan air saat mandi.

Menghemat air ternyata berbanding lurus dengan menghemat pengeluaran, menghemat gas, serta menghemat listrik. Menerapkan cara menghemat air juga berarti Anda sedang turut andil dalam penyelamatan lingkungan.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>