Tanamkan Pikiran Ini Sebagai Cara Menerima Penyesalan

Banyak orang memiliki masa lalu yang kelam, akan tetapi hal itu tidak selalu menjadi batasan dalam mendambakan masa depan yang cerah. Pasalnya, semua itu ditentukan pada saat ini. Semua tentang bagaimana cara menerima penyesalan dan melakukan yang terbaik pada saat ini, agar mendapatkan masa depan yang jauh lebih cerah.

cara menerima penyesalan

Berpikir positif merupakan penentu hidup kita kelak. Terjebak di dalam penyesalan hanya akan membuat kita terseok-seok di hari-hari yang akan datang. Oleh karenanya, tanamkan beberapa pikiran ini agar hidupmu pada masa mendatang tak terhambat penyesalan: 

  1. Semua Manusia Berproses

Anda mungkin berpikir kalau Anda adalah orang yang paling bodoh hingga melakukan kesalahan di masa lalu. Namun, yang perlu Anda tanamkan di dalam benak masing-masing ialah; semua manusia berproses sehingga tiap orang juga memiliki titik kelam di masa lalunya.

Masalahnya, mungkin mereka sudah mulai melupakan dan meninggalkan kenangan buruk di masa lalu itu untuk meneruskan hidupnya saat ini. Anda pun harus mulai berpikir kalau Anda itu hebat lantaran bisa menerima penyesalan.

  • Orientasimu adalah Masa Depan

Pertama yang harus Anda ingat adalah kehidupan yang dijalani saat ini merupakan titian menuju ke masa depan, bukan untuk kembali lagi ke masa yang lalu. Percuma saja kamu terus memikirkan masa lalu dengan seluruh penyesalan yang ada, karena hal itu sudah terjadi tanpa sekalipun bisa Anda ulangi untuk sekadar memperbaiki.

Jadi jangan sia-siakan waktu yang Anda punya saat ini untuk memikirkan masa lalu, karena itu adalah perbuatan yang sia-sia belaka! Jadi mulai sekarang, kerjakanlah apa yang jadi prioritas bagimu.

  • Berharap Mengubah Masa Lalu adalah Pekerjaan Sia-Sia

Tanamkan pikiran ini sebagai cara menerima penyesalan: Anda merupakan seorang manusia yang hidup di dunia nyata, bukan tokoh kartun atau fiksi yang dapat melakukan apa saja, termasuk pergi ke masa lalu dengan tujuan memperbaiki hal kelam itu.

Artinya adalah, percuma saja Anda terus memikirkan berbagai cara dan bekerja keras untuk dapat memperbaiki masa lalu, itu hanya akan membuang waktu Anda secara percuma. Berdamai dengan masa lalu adalah salah satu cara menerima penyesalan.

  • Fokuskan Diri untuk Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Setelah semua yang terjadi, mungkin Anda sudah terlampau sering menangisinya dalam rangka “merayakan” penyesalan, saat ini mulailah berdamai dengan masa lalu. Kendati itu sulit, tetapi Anda harus berani melakukannya. Anda bisa memulainya dengan menyibukkan diri dengan apa yang Anda sukai.

Berdamai dengan masa lalu dapat membuat Anda lebih tenang dan tanpa terbebani untuk menjalani kehidupan saat ini. Coba untuk berpikir positif dan mengikhlaskan masa lalu, sehingga Anda bisa melepas belenggu masa lalu tersebut. Memfokuskan diri menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya merupakan cara menerima penyesalan yang efektif.

  • Lakukan yang Terbaik Saat Ini

Jika Anda tak mau merasakan kembali penyesalan atas apa yang telah Anda lakukan di masa lalu, tanamkan di dalam pikiran bahwa Anda harus melakukan yang terbaik mulai sekarang. Pasalnya, yang Anda lakukan saat ini juga akan menjadi kenangan masa lalu di kemudian hari. Jadi jangan sampai Anda melakukan kesalahan yang sama, jangan sampai di masa depan Anda menyesali apa yang Anda lakukan hari ini.

***

Dari semua yang disampaikan di atas, cara menerima penyesalan adalah tentang pikiran. Semua proses tersebut bisa dikendalikan melalui pikiran kita. Jadi, menanamkan sugesti-sugesti di atas diyakini efektif bagi Anda yang ingin segera menatap masa depan tanpa terbebani dengan penyesalan.

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>