Rekam Medis, Apa Saja yang Ada di Dalamnya?

Rekam Medis, Apa Saja yang Ada di Dalamnya?

Setiap kali Anda melakukan pemeriksaan ke dokter atau pemeriksaan kesehatan lainnya, seseorang pasti akan membuat catatan pada catatan medis mereka atau dengan sebutan lain rekam medis. Banyak penyedia layanan, seperti rumah sakit atau dokter yang menyimpan informasi sebagai catatan elektronik mereka. 

Lalu, apa sih sebenarnya isi dari rekam medis itu sendiri dan apa kegunaan dari rekam medis seseorang? Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai rekam medis. 

Apa rekam medis itu?

Rekam medis merupakan salah satu istilah atau sebutan lain ketika seseorang akan berkonsultasi pada fasilitas kesehatan. Rekam medis atau catatan kesehatan seseorang dibuat untuk memudahkan semua penyedia layanan perawatan medis untuk melihat informasi kesehatan seseorang. 

Misalnya saja, jika seorang dokter kulit akan memberikan resep, maka dokter akan memeriksa apakah dokter lain telah memberikan obat yang mungkin bereaksi buruk pada diri Anda. Nah, dengan memiliki catatan kesehatan seperti itu dapat membantu dokter ataupun tenaga medis lainnya dalam memberikan perawatan terbaik mereka. 

Apa saja yang ada pada rekam medis?

Setiap spesialis yang merawat Anda akan menyimpan arsip mereka sendiri, dan semuanya adalah bagian dari catatan medis Anda. Umumnya ada sebuah program atau perangkat lunak yang mencakup informasi keseluruhan dari kesehatan Anda. 

Biasanya rekam medis berisi hal-hal dasar, seperti nama dan tanggal lahir Anda. Mereka pun mencakup informasi dari dokter keluarga, dokter gigi, atau dokter spesialis lainnya selama pemeriksaan. Catatan tersebut juga berisi tentang tes medis, perawatan, obat-obatan, dan catatan apapun yang dibuat oleh dokter yang pernah menangani Anda tentang kesehatan Anda. 

Catatan kesehatan tidak hanya tentang kesehatan fisik saja, namun bisa juga termasuk perawatan kesehatan mental. Jadi, jika Anda atau anggota keluarga mengikuti terapi mental ketika masih kecil, maka sampai dewasa pun catatan tersebut masih ada. 

Catatan medis biasanya menyertakan informasi berikut:

  • Nama Anda, tanggal lahir, golongan darah, dan kontak darurat
  • Tanggal pemeriksaan fisik terakhir
  • Tanggal dan hasil tes serta keadaan sebelumnya
  • Penyakit utama yang diderita 
  • Cedera yang pernah Anda alami
  • Segala macam penyakit yang pernah ditangani
  • Alergi terhadap makanan, obat-obatan, dan barang-barang lain yang dapat memicu
  • Daftar semua obat, dosis, dan berapa lama Anda mengonsumsinya
  • Penyakit kronis (jika ada)
  • Riwayat penyakit dalam keluarga Anda
  • Akomodasi apapun yang Anda perlukan untuk membuat keputusan medis, seperti penerjemah bahasa isyarat, informasi yang ditulis dengan huruf kapital, symbol gambar dan lain-lain.

Bagaimana jika rekam medis Anda salah?

Jika Anda melihat ada sesuatu catatan yang hilang atau merasa ada yang salah dalam rekam medis Anda, maka Anda berhak untuk meminta koreksi. Mungkin setiap rumah sakit ataupun penyedia layanan kesehatan memiliki aturan yang berbeda jika ingin merubah catatan medis milik Anda. jadi, ada baiknya untuk menanyakan terlebih dahulu bagaimana prosedur untuk kesalahan dan merubahnya. 

Siapa saja yang dapat melihat catatan medis Anda?

Informasi yang berada pada catatan medis Anda biasanya bersifat rahasia dan tidak sembarang orang bisa melihatnya. Umumnya, berikut beberapa orang yang dapat melihatnya:

  • Penyedia perawatan kesehatan lain bila diperlukan untuk mendukung suatu pengobatan atau perawatan Anda
  • Perusahaan asuransi dan beberapa grup lain yang bertanggung jawab untuk membayar dokter atau rumah sakit untuk perawatan kesehatan Anda
  • Badan kesehatan masyarakat bila diperlukan untuk melindungi kesehatan masyarakat lainnya. Misalnya, melaporkan tentang penyakit seperti campak atau flu yang ada di daerah lingkungan rumah tinggal Anda
  • Lembaga penegak hukum. Misalnya, jika Anda melaporkan adanya luka tembak atau kejahatan lain yang berpengaruh terhadap kesehatan Anda ke polisi
  • Orangtua atau wali, jika Anda masih di bawah umur
  • Keluarga atau kerabat dekat

Apakah perlu menyimpan catatan medis sendiri?

Beberapa layanan kesehatan menyarankan agar pasien menyimpan catatan medis pribadi mereka sendiri. Hal ini dilakukan jika Anda akan membawa rekam medis tersebut untuk mengunjungi dokter spesialis, dokter baru, ataupun jika Anda tiba-tiba harus mengunjungi ruang gawat darurat. Dengan begitu, catatan medis akan sangat berguna bagi dokter ataupun rumah sakit yang akan merawat Anda. 

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>