Prediksi Pandemi Corona di Indonesia Berakhir Menurut Ahli

Masih belum jelas dan tidak pastinya kapan pandemi virus corona ini akan berakhir di Indonesia dan dunia. Meski begitu, sudah banyak prediksi pandemi corona berakhir dari para ilmuwan.

Kita dan semua orang pasti mempertanyakan hal yang sama terkait prediksi pandemi corona ini berakhir. Sebab, ada banyak sekali sisi dan aspek kehidupan yang terganggu akibat adanya virus ini. Sebut saja kesehatan, ekonomi, hingga angka kemiskinan yang terus meningkat.

Nah, untuk menjawab pertanyaan terkait berakhirnya pandemi ini, mari kita lihat beberapa prediksi pandemi corona dari para pakar atau ahli di institusi nasional Indonesia.

Prediksi Pandemi Corona di Indonesia Berakhir Menurut Pakar

Berikut beberapa prediksi dari beberapa ahli terkait kapan pandemi corona akan berakhir di Indonesia menggunakan model perhitungan yang berbeda-beda.

  • Prediksi Menurut Ahli UNS

Menurut salah seorang ilmuwan Matematika dari Universitas Sebelas Maret, Sutanto Sastraredja, mempredikasi puncak covid-19 di Indonesia akan terjadi pertengahan bulan Mei 2020. Prediksi ini didasarkan pada model perhitungan SIQR. Tentu saja prediksi ini bergantung pada bagaimana peraturan dan kebijakan yang diambil oleh pemerintah Indonesia terkait penanganan dan pencegahan covid-19.

  • Prediksi BIN

Badan Intelijen Nasional (BIN) pada 13 Maret 2020 lalu memprediksi bahwa pandemi virus corona di Indonesia akan memuncak pada 2-22 Mei 2020. Namun, hingga sekarang sudah pertengahan September, jumlah kasus positif di Indonesia masih terus bertambah secara signifikan.

  • Guru Besar UI

Menurut Hasbullah Thabrany yang merupakan Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat niversitas Indonesia memprediksi bahwa pandemi akan berakhir pada Mei 2020. Kemungkinan ini hanya bisa terjadi jika masyarakat patuh dan disiplin menjalankan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, hingga tidak melakukan kontak tatap muka.

  • Menurut Ahli UGM

Menurut ahli statiskika dan alumni dari FMIPA Universitas Gadjah Mada memprediksi bahwa pandemi corona di Indonesia ini akan berakhir pada 29 Mei 2020. Hal ini berdasarkan pada model perhitungan probabilistik yang didasarkan pada data nyata.

Namun lagi-lagi, prediksi ini menyebutkan bahwa Indonesia bisa terbebas sesuai prediksi hanya jika ada intervensi ketat dari pemerintah, seperti adanya larangan mudik, memberlakukan partial lockdown dan upaya lainnya.

  • Prediksi Menurut Ahli ITB

Ahli dari Pusat Permodelan Matematika dan Simulasi Institut Teknologi Bandung juga turut memprediksi mengenai kapan pandemi corona di Indonesia akan berakhir. ITB memprediksi bahwa corona akan berakhir ada akhir Mei atau awal Juni 2020. Dengan asumsi puncak covid-19 terjadi pada minggu kedua dan ketiga bulan April 2020 lalu.

  • Menurut Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Dony Monardo juga turut memberikan prediksi pandemi corona ini akan berakhir di Indonesia. Menurut dia, Indonesia diharapkan bisa hidup normal kembali pada bulan Juli 2020 lalu. Namun, prediksi ini bisa tercapai jika pemerintah bisa melakukan tes secara masif dan pelacakan kasus corona pada rentang bulan April hingga Mei 2020. Selain itu juga andil dari masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan yang ada seperti menggunakan masker, tidak mudik lebaran, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, dan rajin mencuci tangan untuk memutus rantai penularan.

Namun, hingga saat ini, prediksi pandemi corona hanya tinggal prediksi semata. Jumlah kasus positif di Indonesia masih terus bertambah dan semakin meningkat hingga pertengahan September 2020 ini. Bahkan kasus positif corona di Indonesia sudah menembus angka 200 ribu sejak kasus pertama muncul pada 2 Maret 2020 lalu. Mari disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, berdiam di rumah jika tidak ada perlu, menggunakan masker, dan rajin mencuci tangan agar Indonesia dan bumi tempat kita tinggal ini bisa terbebas dari virus corona dan kita Kembali hidup normal Kembali secepatnya.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>