Penyebab dan Faktor Risiko Infeksi Ginjal

Nyeri punggung bagian bawah menjadi salah satu gejala infeksi ginjal yang dapat terjadi

Tahukah Anda bahwa ginjal juga dapat menderita infeksi? Infeksi ginjal biasanya disebabkan oleh infeksi yang terjadi pada saluran kandung kemih, yang kemudian menyebar kedua belah ginjal. Infeksi ginjal adalah kondisi yang dapat terjadi dengan tiba-tiba, ataupun merupakan sebuah kondisi kronis. Selain menyebabkan rasa sakit yang teramat sangat, infeksi ginjal juga dapat menyebabkan kematian apabila tidak dirawat dan diobati secepatnya. Istilah medis untuk kondisi ini dikenal dengan sebutan pyelonephritis. 

Apa yang menyebabkan infeksi ginjal?

Setiap orang memiliki dua buah ginjal berukuran sebesar kepalan tangan yang terletak di bagian atas perut, masing-masing ada di sebelah kanan dan kiri. Ginjal memiliki fungsi yang penting bagi kesehatan tubuh karena kemampuannya dalam menyaring limbah sisa produk dari darah dan membuangnya keluar tubuh melalui urin. Ginjal juga memiliki tugas dalam mengatur air dan elektrolit yang terkandung di dalam darah. Hal inilah yang menyebabkan fungsi ginjal sangat penting bagi kesehatan tubuh. Kebanyakan kasus infeksi ginjal disebabkan oleh bakteri dan virus yang masuk  ke dalam saluran kemih. Bakteri. Yang menyebabkan infeksi ini biasanya adalah bakteri Escherichia coli atau lebih dikenal dengan sebutan E. coli. Bakteri ini ditemukan di dalam usus dan dapat masuk ke dalam saluran kemih melalui uretra, bagian organ tubuh yang berbentuk seperti tabung dan menyalurkan urin ke luar dari dalam tubuh. Bakteri tersebut kemudian akan berkembang biak dan menyebar ke kandung kemih dan juga ginjal. 

Beberapa penyebab infeksi ginjal yang lain, namun jarang ditemui, adalah bakteri akibat infeksi yang terjadi di dalam tubuh, misalnya dari sendi buatan, yang menyebar melalui aliran darah ke ginjal, operasi kandung kemih dan juga ginjal, serta sesuatu yang menghambat aliran urin, misalnya batu ginjal atau tumor di dalam saluran kemih, prostat yang membesar pada pria, dan masalah atau gangguan yang diakibatkan oleh bentuk saluran kemih Anda. 

Faktor risiko infeksi ginjal

Semua orang berisiko untuk menderita infeksi ginjal. Namun ada beberapa faktor yang dapat membuat seseorang memiliki risiko yang lebih tinggi, seperti:

  • Infeksi saluran kemih (UTI). Sekitar 1 dari 30 kasus infeksi saluran kemih dapat menyebabkan infeksi ginjal
  • Wanita. Perempuan memiliki risiko yang lebih tinggi untuk menderita infeksi ginjal apabila dibandingkan dengan pria. Hal ini disebabkan urethra yang dimiliki oleh wanita lebih pendek dari pria. Selain itu, ureter pada wanita lebih dekat dengan vagina dan dubur, sehingga dapat menyebabkan bakteri untuk menyebar dengan lebih mudah dan masuk ke dalam saluran kemih. 
  • Hamil. Wanita hamil juga memiliki risiko yang lebih tinggi untuk menderita infeksi ginjal karena saluran kemih bergeser sehingga memudahkan bakteri untuk masuk ke daerah ginjal. 
  • Sistem imun yang lemah. Orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah sangat rentan terserang infeksi ginjal. Orang-orang dengan sistem imun lemah tersebut seperti mereka yang menderita diabetes, HIV atau AIDS, dan orang-orang yang sedang dalam perawatan obat-obatan yang dapat menekan sistem kekebalan tubuh. 

Apabila Anda memiliki kesehatan keseluruhan yang baik, Anda dapat sembuh dari infeksi ginjal tanpa perlu menderita komplikasi kesehatan apapun. Perlu diingat bagi Anda untuk rutin mengunjungi dokter untuk mendapatkan diagnosa dan perawatan dengan segera apabila Anda memiliki tanda-tanda khusus infeksi ginjal yang mengkhawatirkan. Mendapatkan perawatan sejak dini dapat mengurangi risiko Anda menderita komplikasi di kemudian hari.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>