Manfaat Es Batu untuk Kulit Wajah yang Bermasalah

Jika mendengar tentang es batu, apakah yang terlintas di dalam pikiran Anda? Apakah terbayang es teh manis, es buah, es krim, atau sejenisnya? Nah, sekarang saatnya Anda tahu, kalau manfaat es batu tidak hanya untuk minuman. Es batu juga bisa jadi bagian dari perawatan untuk kulit wajah yang bermasalah. Ada banyak manfaat es batu yang tersimpan untuk mengubah kulit Anda menjadi lebih sehat dan terawat. Penasaran manfaatnya apa saja? Let’s talk more!

Meredakan jerawat.  

Jerawat sering kali jadi masalah kulit terbesar bagi para wanita. Mau tumbuhnya di kulit wajah ataupun punggung, jerawat tetap saja menyebalkan. Anda bisa menambahkan es batu ke dalam skin care for acne setiap hari. Manfaat es batu bisa mengurangi peradangan dan mengecilkan pori-pori, sehingga produksi sebum wajah bisa berkurang. Alhasil, jerawat pun bisa mengering dan tidak terlalu menyakitkan.

Jangan lupa, gantilah es dan pembungkusnya setiap kali Anda menggunakan es batu pada bagian kulit yang berjerawat. Ini untuk mencegah penyebaran bakteri yang menyebabkan jerawat berpindah ke area kulit yang lain.

Mengurangi mata bengkak.

Mata adalah bagian wajah yang menjadi perhatian utama saat orang-orang melihat Anda. Mata bengkak bisa mengurangi kepercayaan diri Anda, terutama saat bekerja di luar rumah. Penyebabnya bisa karena kebiasaan begadang, nyemil sebelum tidur, dan merokok.

Kini, Anda tidak perlu bingung lagi cara untuk mengatasinya. Manfaat es batu bisa mengurangi mata bengkak dengan cara melancarkan aliran darah di area mata. Segera ambil es batu dan pembungkusnya, lalu kompres ke bagian mata bengkak Anda dengan pelan-pelan selama beberapa detik. Jangan lupa, ubah kebiasaan buruk Anda agar mata bengkak bisa go away selamanya.

Mengecilkan pori-pori kulit.

Siapa di sini yang punya permasalahan dengan pori-pori kulit wajah? Memang, pori-pori kulit yang terlalu besar akan memicu produksi sebum atau minyak yang berlebihan. Akibatnya, wajah Anda cepat berminyak dan terlihat kusam. Kondisi ini sering banget mengganggu penampilan, terutama bagi Anda yang pekerja kantoran.

Pori-pori kulit yang membesar ini bisa diatasi dengan es batu, loh. Manfaat es batu ampuh mengecilkan pori-pori, sehingga menekan produksi sebum yang berlebihan dan mencegah perkembangan bakteri penyebab jerawat. Wah, sekali dayung dua pulau terlampaui, nih.

Pastikan sebelum Anda mengoleskan es batu ke kulit wajah, cuci wajah sampai bersih dulu, ya. Selain itu, gunakan pembungkus es, agar es batu tidak langsung bersentuhan dengan kulit, karena dapat merusak pembuluh kapiler. Lalu, usap ke wajah secara perlahan selama beberapa detik. Wajah pun jadi lebih cerah dan segar.

Membuat foundation make up bertahan lama (primer).

Selain untuk skin care, manfaat es batu juga bisa dijadikan sebagai primer, loh. Ini cocok untuk Anda yang suka menggunakan make up sehari-hari. Baik itu di rumah, ke kantor, mall, maupun hang out bareng temen-temen.

Nah, biar alas bedak semakin tahan lama, pertama-tama bersihkan wajah, lalu pakai toner astringent dengan menggunakan kapas. Kemudian, usapkan es yang telah dibungkus kain ke wajah selama beberapa detik. Setelah itu, alas bedak siap diaplikasikan ke wajah. Dijamin, make up Anda jadi lebih tahan lama, deh.

Mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

Tanpa sadar, orang sering menjilat, menggigit, atau mengelupaskan kulit bibir, sehingga menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Kemudian, diulang lagi dengan menjilati bibir agar tidak kering. Siklus ini terus saja berulang, sehingga bibir bisa mengalami iritasi dan luka.

Selain menggunakan lipbalm untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, Anda juga bisa mengoleskan es batu ke permukaan bibir. Manfaat es batu ini dapat menghilangkan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan di bagian bibir yang luka. Anda bisa mengusapkan es yang telah dibungkus ke bibir selama 10-15 menit untuk memperoleh manfaatnya.

Inilah manfaat es batu bagi kulit wajah yang bermasalah. Perlu diperhatikan juga, pisahkan es batu yang khusus untuk wajah dan bersihkan setelah digunakan. Pastikan Anda mencuci wajah terlebih dahulu dan gunakan kain atau kantong pembungkus saat mengusapkan es batu ke wajah. Selamat mencoba!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>