Ini Dia Makanan Rahasia Awet Muda untuk Anda

Usia bertambah memang tak dapat dielakkan, begitu pula kulit yang juga ikut berkerut akibat pertambahan usia. Beruntungnya, terdapat beberapa makanan yang dapat mencegah kulit tetap nampak senantiasa awet muda dan menjadi kunci rahasia awet muda bila rutin dikonsumsi.

APA SAJA MAKANAN PEMEGANG KUNCI RAHASIA AWET MUDA?

Secara umum, makanan yang mengandung molekul antioksidan untuk menangkal radikal bebas, vitamin C untuk produksi kolagen, dan makanan yang dapat mencukupi kebutuhan protein, cairan tubuh, dan lemak sehat dapat menjaga kulit untuk senantiasa awet muda. Berikut dipaparkan beberapa makanan yang sudah terbukti menjadi kunci rahasia kulit untuk tetap awet muda:

  1. Ekstra virgin olive oil / Minyak zaitun dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit karena efek antiperadangan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Ekstra virgin olive oil juga mengandung 73% lemak jenuh tunggal yang dihubungkan dengan elastisitas dan kekencangan kulit.
  2. Ikan salmon kaya akan asam lemak omega-3 dan astaxanthin. Asam lemak omega-3 melindungi kulit dari proses peradangan dan astaxanthin yang bila dikombinasikan dengan kolagen dapat meningkatkan potensi untuk meningkatkan elastisitas dan hidrasi kulit wajah.
  3. Cokelat hitam mengandung banyak molekul antioksidan salah satunya adalah flavanol yang melindungi kulit dari paparan sinar matahari.
  4. Buah jeruk mengandung vitamin C yang berperan dalam pembentukan kolagen dan juga memiliki kandungan air banyak yang membantu hidrasi kulit tetap terjaga.
  5. Buah alpukat. mengandung lemak tidak jenuh tunggal yang menjaga hidrasi kulit, membantu penyerapan nutrisi, dan penyerapan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.
  6. Daging sapi dan ayam merupakan sumber protein yang dibutuhkan untuk pembentukan kolagen. Hal yang perlu diperhatikan ketika memasak daging sapi adalah harus sering membolak balik secara sering untuk mencegah hilangnya efek anti penuaan.
  7. Teh hijau mengandung polifenol yang dapat melindungi kolagen dan mengurangi tanda-tanda penuaan.
  8. Tomat mengandung likopen yang merupakan senyawa yang berpotensi untuk melindungi kulit dari sinar matahari.
  9. Rempah-rempah seperti kayu manis, cabe, dan jahe selain lezat juga dapat menjaga kesehatan kulit. Kayu manis terbukti meningkatkan produksi kolagen, cabe memiliki capsaicin yang melindungi perubahan pada kulit di tingkat sel, sedangkan jahe yang memiliki gingerol yang memiliki efek antiperadangan dan mengurangi bintik hitam akibat paparan sinar matahari.
Tags:  ,

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>