Cara Pemakaian Minyak Alpukat untuk Kecantikan Kulit

Minyak alpukat atau avocado oil seringkali dipakai sebagai bahan masakan di Amerika Latin dan Eropa. Minyak yang diproduksi dari buah alpukat ini merupakan sumber antioksidan tinggi, asam lemak esensial, mineral dan vitamin. Jadi, tidak salah jika Anda memanfaatkan minyak alpukat untuk menjaga kecantikan kulit.

Manfaat Minyak Alpukat

Manfaat minyak alpukat atau avocado oil untuk kulit sangat beragam. Salah satunya berfungsi sebagai pelembap kulit atau tabir surya alami. Kandungan antioksidan dan antiinflamasi dalam minyak alpukat membuat kulit lebih halus, elastis dan berkilau. Berikut adalah beberapa manfaat minyak alpukat:

  • Mengurangi rasa gatal pada kulit
  • Menyembuhkan kulit yang pecah-pecah
  • Melembapkan kulit kering
  • Melindungi kulit dari paparan sinar matahari
  • Mencegah kerusakan kulit

Penelitian tentang Minyak Alpukat

Para peneliti telah melaporkan bahwa minyak alpukat dapat dicampur ke dalam produk perawatan kulit, seperti krim atau produk perawatan kulit. Kandungan beta karoten, protein, lesitin, asam lemak, dan vitamin A, vitamin D, dan vitamin E yang ditemukan dalam minyak alpukat, membantu melembabkan dan melindungi kulit dari kerusakan sinar UV. Avocado oil juga berguna untuk serta meningkatkan metabolisme kolagen.

Sebuah studi pada 2015 menemukan bahwa krim kulit topikal yang mengandung minyak alpukat, tea tree oil, dan minyak jojoba memiliki efek antimikroba yang positif. Selain itu, kandungan asam linoleat, asam oleat, dan asam lemak monosaturated lainnya dalam minyak alpukat, dapat mempercepat penyembuhan luka.

Cara Pemakaian Minyak Alpukat untuk Kulit       

Avocado oil bisa ditambahkan ke dalam losion, pelembap wajah, masker, maupun krim antipenuaan. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Campurkan dengan losion/pelembap kulit
    Pijat bagian kulit yang pecah-pecah dengan memakai avocado oil sesudah mandi. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes avocado oil ke dalam losion pilihan.

  2. Gunakan sebagai pelembap wajah
    Isi 2/3 botol pelembap wajah dengan minyak alpukat. Kemudian, pilih minyak lain seperti tea tree oil untuk mengisi 1/3 botol sisanya. Tambahkan 3 tetes minyak lavender atau mawar. Tutup rapat botol, lalu kocok semua bahan tersebut hingga tercampur rata.

  3. Campurkan dengan alpukat
    Potong buah alpukat matang dan masukkan ke wadah. Tambahkan 3 tetes minyak alpukat dan haluskan alpukat dengan memakai sendok, sampai teksturnya menyerupai pasta. Oleskan campuran ini ke wajah sebagai masker. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian cuci wajah dengan air hingga bersih.

  4. Campurkan dengan minyak kelapa
    Tak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk membeli krim antipenuaan. Anda bisa mengandalkan avocado oil untuk memperoleh kulit awet muda. Caranya, campurkan ¼ cangkit minyak alpukat dengan 2 sendok minyak kelapa. Kemudian, tambahkan 2 sendok bee wax, ½ sendok teh minyak vitamin E, dan 1 sendok shea butter. Tempatkan campuran ini dalam botol kaca. Panaskan botol dan isinya di dalam 4 inci air mendidih. Aduk perlahan agar semua bahan di dalamnya meleleh dan tercampur rata. Selanjutnya, tuang krim ke dalam botol kaca lain yang lebih kecil. Biarkan hingga campuran mengeras. Tutup wadah dengan rapat dan simpan di tempat sejuk

Siap tampil cantik dengan minyak alpukat? Selamat mencoba!.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>